Aug 27, 2013
DMCA.com

Cara Merawat Baterai Laptop Agar Awet

9:08 PM
Merawat Baterai Laptop

Cara Merawat Baterai Laptop agar baterai awet dan tahan lama bisa dilakukan dengan banyak cara. Selain pada laptop kita bisa menerapkan cara dibawah ini untuk merawat baterai notebook baik itu notebook asus ataupun notebook toshiba dan bahkan notebook yang lain.

Langsung saja simak bagaimana merawat baterai laptop yang baik dan benar berikut ini:

  1. Jangan biasakan menyalakan laptop diatas kasur dan sejenisnya karena saat laptop menyala akan mengeluarkan panas dan kasur akan menghambat sirkulasi udara panas yang dihasilkan.
  2. Menggunakan cooling pad sangat disarankan untuk mengurangi panas penyebab kerusakan komponen-komponen baterai.
  3. Pastikan tidak melakukan pengisian baterai jika baterai sudah penuh. Lakukan pengisian jika daya baterai tinggal 15% sampai 10%.
  4. Jika menggunakan laptop tanpa baterai (baterainya dilepas), pastikan arus listrik anda stabil atau gunakan stabillizer.
  5. Jika laptop tidak dipakai untuk waktu yang lama (misal seminggu) disarankan untuk melepas baterai dan simpan ditempat yang kering terhindar dari sinar matahari. Walaupun dilepas, jangan biarkan baterai tersebut kosong. Lakukan pengisian sebelum dilepas.
  6. Terlalu sering menghidupkan dan mematikan laptop dalam jangka waktu yang singkat akan memperpendek umur baterai. Sebaiknya cukup menggunakan mode sleep karena baterai tidak akan bekerja keras untuk proses penghidupan laptopnya.
  7. Charger dan baterai original juga sangat berpengaruh terhadap keawetan umur baterai.
Itulah beberapa tips agar baterai laptop awet dan tahan lama. Selebihnya jika baterai anda tidak awet mungkin karena faktor lain seperti pernah jatuh dan sebagainya. 

4 comments:

  1. trims atas infonya,sangat bermanfaat sekali bagi ana, sekarang ane jadi hati-hati dalam menghidupkan laoptop.

    ReplyDelete

Silahkan berikan komentar anda dengan sopan, akan sangat saya hargai komentar yang tidak melewati batasan berikut ini:
1. No SARA
2. No live link/SPAM (Will be removed)