Jun 8, 2013
DMCA.com

Salah Jalan Akan Tersesat, Salah Pilih Akan Terjerat

9:58 PM
salah pilih
Ada seorang teman lama, dia curhat kepada saya. Dia bilang, "Ternyata tidak semua yang dianggap baik oleh orang lain akan baik untuk kita." Teman saya ini adalah seorang mahasiswa di sebuah Perguruan Tinggi yang cukup dikenal oleh masyarakat. Di dalam pembicaraannya, dia mengeluhkan tentang sistem pendidikan yang ada dikampusnya. Dia merasa tidak kuat menangkap ilmu yang diajarkan dosen karena terlalu tingginya ilmu tersebut. Dia masuk di universitas impiannya itu dengan jalur tulis yang tentunya saingannya untuk masuk ke universitas tersebut tidak bisa dibilang sedikit. "Sebuah keajaiban bisa masuk ke universitas ini", kata dia.

Nah sekarang apakah saat sudah menjalani perkuliahan dia harus mengharapkan keajaiban terus-terusan? Inilah masalahnya, jangan memanjat pohon kelapa hanya bermodal keberanian, panjatlah pohon kelapa dengan keahlian. Saya sebagai mahasiswa menyarankan kepada calon-calon mahasiswa, jangan sampai salah memilih. Sesuaikan pilihan kamu dengan kemampuan yang kamu miliki. Kalaupun kamu sudah bersikeras memilih pendidikan yang melebihi kemampuanmu, kamu harus siap untuk bekerja keras belajar untuk meningkatkan kemampuanmu.

Ya sebenarnya tidak ada masalahnya memilih pendidikan apapun yang diinginkan atau dicita-citakan. Semuanya kembali lagi kepada niat masing-masing. Niat yang didukung dengan usaha yang sepadan akan menghasilkan keberhasilan yang memuaskan. Dengan atau tanpa mengalami kegagalan. Penyakit utamanya dalam mencapai keberhasilaan adalah MALAS. Rencana sebagus apapun akan rusak jika sudah dilakukan dengan malas.

Saya sendiri, lulusan STM yang diterima di jurusan Teknik Mesin Universitas Jember dengan jalur undangan merasa cukup kewalahan jika sedang dihantui rasa malas. Untungnya ada teman-teman teknik mesin yang selalu menjauhkan saya dari rasa malas. Merekalah orang-orang yang sangat berarti untuk saya saat ini. Sama-sama jauh dari orang tua, saling membantu dan saling mengingatkan. Terima kasih BEDEBA TEKNIK MESIN 2011.

img src: google image

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berikan komentar anda dengan sopan, akan sangat saya hargai komentar yang tidak melewati batasan berikut ini:
1. No SARA
2. No live link/SPAM (Will be removed)