May 7, 2012
DMCA.com

Password Yang Kuat untuk Email, Facebook, dll

5:42 AM
password kuat
Bicara soal password atau kata sandi, tidak lepas dari situs jejaring sosial seperti facebook dan twitter serta email baik gmail, yahoo, dll. Banyak yang menganggap password itu hanya sebatas rangkaian kata untuk masuk kedalam sebuah akun, padahal kata sandi atau password ini merupakan sebuah gembok pengaman. Tentu untuk melindungi harta dalam peti harus diberi gembok yang kuat dan tidak mudah dibobol. Begitu juga dengan password yang haruslah kuat untuk melindungi isi akun yang bersangkutan.
Yak, kali ini saya akan bicara password seperti apa sih yang benar benar kuat dan sulit dibobol. Mulai dari pengalaman pribadi maupun pengetahuan umum yang seadanya ini akan saya bagi di sini. Pertama saya akan bicara soal syarat standard sebuah password dikatakan kuat dan layak digunakan untuk kepentingan yang penting maupun yang tidak.

Syarat Standard Sebuah Password

Password yang kuat bukanlah password yang terdiri dari huruf dan angka saja, apalagi sama dengan username. Password yang baik adalah password yang tidak mudah diingat, bahkan oleh pemiliknya sekalipun. Password tersebut harus mengandung:

Group Contoh
Huruf Besar A, B, C …
Huruf Kecil a, b, c …
Angka 0, 1,2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9
Simbol yang ada pada keyboard              ` ~ ! @ # $ % ^ & * ( ) _ + - = { } | \ : " ; ' < > ? , . /

Contoh nyatanya adalah J*p2leO4>F.
Contoh password diatas bisa dikatakan cukup kuat dan sulit dibobol, tetapi bukan berarti tidak bisa dibobol. Yang penting dengan menggunakan kombinasi password seperti itu sedikit menghambat untuk proses pembobolannya. Jangan menggunakan password dengan kombinasi kata yang terdapat di kosakata misalnya akucintaibu, jika tidak ingin mengalami pembobolan password.

Sekian ya, mau kuliah dulu :D
Salam.

image source: tipsh4re.com

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berikan komentar anda dengan sopan, akan sangat saya hargai komentar yang tidak melewati batasan berikut ini:
1. No SARA
2. No live link/SPAM (Will be removed)