Apr 27, 2012
DMCA.com

Tips Cara Penggunaan Twitter Untuk Siapa Saja

3:26 PM
Twitter
Hallo sahabat blogger, ternyata tidak semuanya bisa memainkan twitter terbukti banyaknya yang bertanya pada saya tentang cara dan tips penggunaan twitter. Sebenarnya penggunaan twitter ini sangat mudah tetapi ada beberapa hal yang disalahgunakan. Memainkan twitter layaknya memainkan facebook, ada teman yang disebut follower dan following, ada komentar yang dinamakan reply, ada share yang disebut tweet/retweet. Untuk pengguna twitter biasa disebut dengan tweeps. Twitter bisa dikatakan lebih simple dari facebook karena lebih mudah diguankan dan lebih banyak aplikasi yang mendukung untuk memainkan twitter.

 Kali ini saya akan sedikit membahas tentang cara penggunaan twitter untuk yang masih awam atau asing dengan twitter. Untuk tahap awal kita mulai dengan istilah istilah dasar penggunaan twitter sebagai berikut:

1. Tweet dan Retweet
Tweet adalah istilah di twitter untuk membagikan status layaknya facebook. Tweet bisa di retweet atau di tweet ulang oleh pengguna twitter lain di seluruh dunia kecuali jika akun yang melakukan tweet di protect. Untuk melakukan retweet cukup dengan mengeklik link retweet di bawah setiap tweet yang ada atau bisa menambah RT di depan tweet. Misal saya melakukan tweet "selamt pagi" maka untuk retweet bisa dengan "RT @Arasanton selamt pagi". @Arasanton adalah akun yang melakukan retweet yaitu saya.

2. Reply
Reply digunakan untuk mengomentari atau membalas sebuah tweet orang lain. Bisa dilakukan dengan cara mengeklik link Reply dibawah setiap tweet yang ingin dikomentari. Reply ini yang sering disalahgunakan oleh tweeps termasuk saya. Penyalahgunaannya adalah menggunakan RT yang fungsi aslinya adalah retweet atau tweet ulang. misal agnes monica nge-tweet " lagi sedih" lalu saya reply begini " kenapa? RT @agnezmo lagi sedih".

3. Favorite
Jika di facebook ada jempol maka di twitter ada bintang alias favorite. Fungsinya sama yaitu suka dengan sebuah tweet. Bisa dilakukan dengan mengeklik link favorite dibawah setiap tweet.

4. List
List adalah sebuah daftar yang fungsinya untuk mengikuti tweet tweeps yang ada di list tanpa harus melakukan follow orang orang tersebut. Bisa dibuat ti tab Lists pada profil.

5. Follower
Follower adalah orang orang yang mengikuti tweet kita. Follower bisa mengetahui tweet kita melalui Timeline atau beranda mereka. Agak susah untuk mencari follower.

6. Following
Following adalah mengikuti artinya orang orang yang kita follow masuk ke daftar following kita. Untuk memfollow cukup klik follow pada setiap profil yang ingin difollow.

7. DM atau Direct Message
Ini fungsinya untuk mengirimkan pesan kepada follower saja, untuk following tidak bisa. Pesan ini sifatnya rahasia dan tidak dapat dilihat oleh orang lain kecuali yang mengirim pesan dan yang menerimanya. 

Bukankah mudah tips cara penggunaan twitter ini? Memainkan twitter tidak harus pintar yang penting asik. haha.. Penggunaan twitter sangat mudah dan sangat saya rekomendasikan karena anda bisa mengetahui update dari setiap artis yang anda suka dan setiap tokoh yang anda banggakan. Sekian tips cara penggunaan twitter ini dari saya. Salam.

image source: terselubung.blogspot.com Rating: 4.5

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berikan komentar anda dengan sopan, akan sangat saya hargai komentar yang tidak melewati batasan berikut ini:
1. No SARA
2. No live link/SPAM (Will be removed)