May 30, 2013
DMCA.com

Sedikit tentang Universitas Jember (blak-blakan)

4:55 PM
Gerbang Unej
Berani jujur itu baik. Kali ini akan kita intip segala sesuatu tentang Universitas Jember, mulai dari gerbang masuk sampai gerbang keluar. Suasana kampus setiap harinya, ulasan sedikit tentang tenaga pengajar atau dosen, kegiatan-kegiatan untuk mahasiswa, dan tentu saja kita intip sedikit prestasi mahasiswanya. Kita akan ulas semuanya apa adanya, terang-terangan, dan blak-blakan. Tapi karena kita disini mau "ngintip", ya tolong jangan rame apalagi sampai ketahuan pak rektor. Bisa-bisa nanti ane dapet surat cinta dari UNEJ gara-gara ngintip ketahuan.

Nah, mulai ngintip yuk! Pertama profilnya dulu, Universitas jember adalah perguruan tinggi negeri yang berada di wilayah Jawa Timur sebelah timur, tepatnya di Jember, Jatim, Indonesia. Universitas Jember ini sering disingkat UNEJ atau UJ bukan UNJEM loh ya. Letak Universitas Jember yang di ujung timur pulau jawa membuat kampus ini tidak sebegitu terkenal seperti kampus-kampus yang letaknya di kota besar. Padahal UNEJ mampu bersaing dengan kampus lain yang namanya menggelegar di jagat Indonesia.

logo Unej

UNEJ memiliki beberapa fakultas dan jurusan yang masing-masing punya prestasi di bidangnya. Contohnya Fakultas Teknik yang belum lama ini meluncurkan mobil listrik "SINOSI" hasil kerjasama antara Teknik Mesin dan Teknik Elektro. Untuk melihat jurusan apa saja yang ada di Universitas Jember mungkin dapat mengunjungi websitenya langsung di www.unej.ac.id. Pokoknya untuk masalah prestasi, Universitas Jember mampu bersaing.

Oke kita lanjut pada kegiatan mahasiswa yang ada di kampus UNEJ ini. Kegiatan mahasiswa Universitas Jember bisa dikatakan banyak dan bermacam-macam. Mulai dari olah raga, pencak silat, kerohanian, seni, dan masih banyak lagi. Apalagi ada stadion dan gedung PKM (Pusat Kegiatan Mahasiswa) yang bisa digunakan oleh mahasiswa untuk melakukan kegiatan yang disebutkan di atas. Tidak jarang ada kompetisi  mahasiswa UNEJ contohnya lomba blog yang diadakan UNEJ seperti ini. Lomba Blog UNEJ ini diadakan PSSI Universitas Jember.

Untuk mahasiswanya mayoritas adalah penduduk pulau jawa dan selebihnya penduduk luar jawa seperti Papua, Sumatera, Bali, NTT dan Kalimantan. Biaya hidup dan biaya kuliah di UNEJ ini cukup terjangkau dan suasana Jember juga cukup nyaman apalagi penduduknya ramah-ramah. Hanya saja jika pertama kali datang ke Jember jangan kaget dengan logat penduduk Jember karena pengalaman ane dulu begitu. Ane cuma bisa ngangguk dan geleng karena ga mengerti bahasanya. Tapi lama-kelamaan akan terbiasa dan merasakan keramahan arek Jember.

Dan terakhir tentang dosen, sengaja ane taruh di akhir karena ane sungkan mengomentari dosen-dosen UNEJ. Dosen Universitas Jember rata-rata bergelar S3 dan S2 di semua jurusan yang ada. Apalagi? udah itu aja. Salam Solid.

2 comments:

  1. kira-kira biaya masuknya prodi teknik pertambangan unej itu berapa ya?terima kasih..harap dibales... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk prodi teknik pertambangan setau saya 2016 baru buka. untuk saat ini masih dipersiapkan :)

      Delete

Silahkan berikan komentar anda dengan sopan, akan sangat saya hargai komentar yang tidak melewati batasan berikut ini:
1. No SARA
2. No live link/SPAM (Will be removed)